Beranda
BATAK NEWS
Arti Kata HASIAN Dalam Bahasa Batak

Arti Kata HASIAN Dalam Bahasa Batak

 Hellow Sahabat BATAK-NEWS.COM

Bahasa batak adalah sebuah bahasa yang digunakan oleh orang Batak Khususnya yang tinggal di daerah Toba. Bahasa batak yang kita bahas disini adalah bahasa batak Toba. Karena Batak itu terbagi beberapa golongan dan masing-masing memiliki bahasa yang berbeda.

Atau lebih jelasnya demikian:
Suku bangsa Batak terbagi menjadi 6 jenis, yakni suku Batak Toba, suku Batak Karo, suku Batak Pakpak, suku Batak Simalungun, suku Batak Angkola, dan suku Batak Mandailing. Keenam suku Batak tersebut memiliki ciri khas budaya yang berbeda-beda. Namun pada prinsipnya akar budaya mereka sama, yakni budaya Batak.


Sekarang kita masuk ke topik pembahasan kita, Apa Maksud dari kata Hasian?
Mungkin anda sering mendengar kata Hasian ini melalui lagu atau status di Media sosial contohnya yang selalu menggunakan Kata Hasian. Sehingga penasaran dengan artinya bukan?


Jadi Dalam masyarakat batak kata “Hasian” ini sering diucapkan, terutama mereka yang sedang menjalin sebuah hubungan. Kita katakana saja, mereka yang berpacaran. Tidak hanya itu, seorang  orang tua juga sering mengatakan kata-kata itu kepada anaknya, yang dikasihi, atau memberi nasihat  kepada anaknya.Orang batak juga sering memakai kata-kata itu merayu seseorang, Ataupun untuk membuat sebuah  lagu, Puisi, selalu kata-kata itu yang paling sering.

Arti hasian

Nah.. jika kamu orang batak, pasti sudah mengetahui arti kata itu bukan?

Jangan  pula sudah orang batak tidak tahu artinya.

Karena kebanyakan orang batak yang tinggal di kota, Sudah tidak tahu lagi bahasa daerahnya. Ini saya tidak tahu alasanya mengapa. Apa mereka malu, Atau tidak PD dibilang orang kampung.Kalu saya sendiri sih… Orang bilang Anak kampungan, Saya tidak tahu kenapa orang itu selalu bilang begitu,  Padahal saya sendiri lebih suka gaya kampungan, karena Lebih sopan dari yang alay-alay Okelah.. sekarang  kita bahas saja, seperti  judul  diatas.

Arti  kata hasian Bahasa batak  adalah, Bisa sayang, Cinta.

Jadi  Jika saudara sering mendengar kata itu dengan membaca artikel ini sekarang sudah tahu artinya.


Sebagai orang batak, mendengar lagu, lagu apapun itu saya saya lebih suka mendengar lagu batak.Atau juga mendengar puisi, Pantun, Saya lebh suka yang dalam bahasa batak.

Ya itulah mungkin karena budaya itu sangat penting. Akan tetapi bukan tidak bisa saya bahasa   yang lainya. Seperti bahasa Indonesia juga lancer kok. Jadi bagi kamu yang tidak tahu bahasa batak, Khususnya orang batak, Mulai sekarang mari belajar  bahasa batak itu. Karena itu adalah sangat penting. Supaya nanti tidak hilang atau punah.Kalau bukan kita yang melestarikanya siapalagi?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.